Sunday 11 March 2012

Perkembangan Internet di indonesia tahun 2012 (Ecommerce task)

Pada sejarahnya, internet masuk Indonesia pada tahun 1995. Saat itu, pengguna internet hanya kalangan terbatas, tidak seluas saat ini.Seiring berkembangnya untuk didapatkan, teknologi, jaringan internet yang semakin mudah ditemukan dimana- mana, dan juga dengan biaya akses yang sangat terjangkau. Jumlah pengguna internet di Indonesia menembus angka 50 juta. Sebuah kenaikan yang dianggap luar biasa. Saat ini Indonesia merupakan negara kedua pemakaian internet terbesar setelah Rusia, dan hal ini menunjukkan bahwa Indonesia tak kalah pesat perkembangan teknologi nya dibanding negara- negara lain. 

Perkembangan yang pesat ini harus ditanggapi dengan sikap yang bijak dalam penggunaan internet tersebut. Tidak adanya batasan pemakaian internet dari segi usia, baik anak- anak maupun dewasa membuat kita harus bijak dalam meggunakan internet. hal ini saya kutip dari wahidun blog. internet digunakan untuk berbagai fungsi, seperti fungsi berita, media sosial, bahkan promosi maupun penjualan (e-commerce). namun dalam kenyataannya, perkembangan penggunaan internet di Indonesia tidak diikuti oleh pemakaian yang maksimal. Kebanyakan dari pengguna internet di Indonesia saat ini menggunakan internet hanya sebatas untuk kesenangan saja. Misalnya untuk meng-update status di laman jejaring sosial, namun kurang dalam pemanfaatan media e-commerce. Akan tetapi penyebab hal ini terjadi karena kurangnya infrastruktur yang dapat menunjang e-commerce itu sendiri.. Sebagaimana yang dilasir oleh VIVAnews.com pertengahan Februari 2012 lalu mengatakan, "Sebenarnya, lembaga riset internasional, Frost and Sullivan melihat potensi penggunaan internet di Indonesia ke arah e-commerce, semenjak meledaknya jejaring sosial itu. 

Namun sayangnya, infrastruktur masih menjadi kendala dalam pengembangan e-commerce. ‎"Saat ini, dari tiga operator utama, jaringan 3G yang cukup mumpuni untuk coverage e-commerce baru mencakup 20 persen. Dari sini kelihatan seberapa besar data traffic yang bisa di-cover," kata Iwan Rachmat, Senior Consultant Frost and Sullivan, di Hotel Intercontinental, Jakarta. 

Iwan juga mengatakan bahwa pasar e-commerse di Indonesia mulai tumbuh. Data riset lembaganya mencatat pada 2010 dari jumlah pasar e-commerce, komposisi iklan 8,39 persen, game 11,54 persen dan video musik 2,7 persen. "Ini mulai tumbuh, tinggal cakupan kapasitas dan infrastrukturnya," kata Iwan. 

Berdasarkan artikel diatas yang saya kutip dari beberapa nara sumber, maka dapat diprediksi pada tahun 2012 ini perkembangan internet di Indonesia akan semakin meningkat. Tingkat pemakaian internet sendiri diyakini akan meningkat drastis dengan adanya peningkatan dalam infrastruktur yang mendukung. Dan dengan begitu, peningkatan internet sebagai media e-commerce pun akan semakin marak pada tahun 2012 ini. 

Referensi: 
  1. wahidunblog.com
  2. VIVAnews.com
  3. anneahira.com

No comments:

Post a Comment